Cara Kerja Flowmeter Oksigen

flowmeter oksigen

Pada saat badai  pandemi ini  menerpa seluruh dunia,  terdapat  seperangkat alat yang sangat penting yang digunakan untuk membantu   kehidupan manusia.  Perangkat tersebut adalah flow meter oksigen. Tanpa alat ini,maka  pasien akan mengalami  kesulitan bernapas, karena tidak adanya pengatur oksigen.

Flowmeter oksigen merupakan alat yang digunakan pada pasien yang membutuhkan bantuan  oksigen. Alat ini pada umumnya digunakan  untuk membantu pasien yang tidak dapat melakukan pernapasan secara alami di  rumah sakit.  Alat ini  mengatur  banyaknya oksigen yang sesuai dengan kebutuhan pasien.  Pengaturan  kadar oksigen yang dilakukannya akan membantu pasien mengatasi  permasalahan yang berkaitan dengan  sistem napas.

Cara Kerja Flowmeter Oksigen

Sebelum Anda  memutuskan untuk menghubungi   yang jual flow meter, maka Anda harus mengetahui perangkat, kegunaan dan cara  kerjanya.  Alat ini  sendiri berfungis untuk mengukur aliran oksigen dari tabung oksigen yang digunakan. Alat ini juga mengendalikan  sentral oksigen ke pasien yang membutuhkan.

cara kerja flowmeter oksigen

Perangkat yang Digunakan

Berikut adalah perangkat yang digunakan  untuk membantu terapi pasien.

Tabung Oksigen

Tabung oksigen ini merupakan tempat penyimpanan oksigen.

Oksigen Regulator

Alat ini berfungsi sebagai pengatur tekanan dan kecepatan alir oksigen  yang keluar dari tabung oksigen. Tekanan dan kecepatan alir oksigen ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan  pasien, artinya tidak akan sama untuk setiap pasien. Flow meter IPM melengkapi oksigen regulator ini  dengan cara  menunjukan kecepatan alir oksigen.

  • Continuous Flow Oxygen Regulator

Oksigen regulator jenis ini   umumnya mudah didapatkan  dengan harga yang  tergolong ekonomis. Biasanya  menghabiskan persediaan oksigen  dalam tabung secara cepat. Regulator ini dipasangkan pada  bagian  atas dari tabung oksigen. Alat ini berfungsi  untuk mengontrol kecepatan alir oksigen. Oksigen dapat mengalir secara konstan  ketika  kecepatannya alirnya telah diatur sesuai dengan kebutuhan pasien.

  • Oxygen Conserving Regulator

Jenis ini memiliki  tombol  pengaturan tambahan yang berfungsi menjaga  ketersediaan oksigen pada  tabung agar tidak cepat habis. Cara kerja regulator ini adalah dengan  mengalirkan oksigen ketika   pasien  hanya bernapas.  Perubahan tekanan yang dihasilkan dari tarikan napas pasien akan dikenali  sebagai  tanda  untuk melepaskan oksigen  ke dalam selang yang terhubung. Keuntungan dari menggunakan regulator jenis ini adalah, regulator ini dapat menghemat pemakain oksigen hingga seperlima pemakaian  biasa  jika dibandingkan dengan regulator biasa.

Kanula

Kanula  adalah selang pernapasan yang  mengalirkan oksigen ke hidung pasien.

Masker

Masker digunakan saat kanula tidak dapat membantu pernapasan karena pasien membutuhkan oksigen yang lebih banyak. Hidung pasien yang tersumbat pun  membuat penggunaan kanula menjadi tidak efektif, sehingga  digantikan oleh masker.

Perawatan Oksigen Regulator

Agar  oksigen regulator  di mana flow meter terpasang,  bekerja dengan baik, maka perlu dilakukan hal-hal berikut ini.

perawatan oksigen regulator

Kapasitas

Anda  harus dapat memastikan bahwa oksigen regulator yang terpasang memiliki kapasitas yang mendukung  kecepatan alir oksigen. Hal ini  karena setiap pasien memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Kebersihan

Anda harus menjadwalkan perawatan  untuk memastikan kebersihan  oksigen regulator dan  tabung oksigen. Bagian yang harus diperhatikan adalah  tempat antara tabung oksigen dengan oksigen regulator.

Maintenance

Oksigen regulator dalam kondisi baik dan siap pakai. Hal ini tentu saja berhubungan dengan perawatan dan servis reguler.

Pemasangan

Ketika memasangnya, Anda harus pastikan bahwa   pemasangan telah sempurna dan tidak ada kebocoran oksigen.

Penggunaan Tabung Oksigen

Anda harus memperhatikan penggunaan  tabung oksigen agar sesuai dengan kebutuhan pasien, memastikan aliran oksigen yang masuk.

penggunaan tabung oksigen

Persiapan

  • Siapkan tabung oksigen  dan tabung air pressure. Pastikanlah tekanan dalam tabung sesuai dengan kebutuhan pasien.
  • Pasang  d Flow manometer O2 dan Udara tekan  sesuai dengan prosedur pemasangan.
  • Isikanlah  aquade pada tabung flowmeter regulator sesuai ketinggian standar y

Pelaksanaan

  • Aturlah Flowmeter sesuai dengan tekanan yang diperlukan oleh pasien
  • Dosis oksigen dapat diberikan antara 3-4L/menit  sesuai dengan kondisi pasien.
  • Lakukanlah fiksasi untuk memastikan agar selang oksigen terpasang dengan  baik
  • Evaluasi kebutuhan oksigen pasien secara berkala sesuai dengan rencana medis yang telah ditetapkan.
  • Evaluasi tekanan  tabung oksigen untuk mengetahui kapan harus diisi kembali.
  •  Bila sudah selesai digunakan, bersihkan selang oksigen sesuai dengan protokol kesehatan yang  benar.
  • Tutup semua tekanan  yang telah diatur pada  flow meter. Simpan   penempatan tabung O2 pada tempatnya. Tandai tabung oksigen yang telah kosong atau yang masih dapat dipakai.

Penyimpanan

  • Simpanlah tabung oksigen  dan tabung udara tekan dengan baik. Pastikan penyimpanan  jauh dari  udara panas baik. Baik secara langsung maupun tidak langsung. atur suhu ruangan sesuai dengan prosedur penyimpanan tabung oksigen. 
  • Pastikan  setiap regulator tersebut  tidak berbenturan.

Untuk mendapatkan flowmeter oksigen yang terpercaya, Anda dapat menghubungi agen yang jual flow meter dengan kualitas terbaik. Agen yang dapat menyediakan   flow meter dengan kualitas tinggi dengan harga terjangkau serta garansi resmi. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan  alat terbaik  dengan jaminan servis terbaik.

Admin Staff

Suka Menulis
logo footer
Tel: +6221-22687090
HP(WA): +628951 9267 892
Call Us
pammeterindo@gmail.com
Email Us
Harco Glodok Lt 5 Blok C5 No 42
Jl hayam wuruk
Jakarta barat

View On Map


Our Services

Got an Idea ? Lets Make it Happen Today

© PT.Indonesia PAM Meter. All rights reserved.