Mengenal Seluk Beluk Flow Meter Air

flow meter air

Air menjadi kebutuhan mendasar bagi makhluk hidup, terlebih manusia. Kebutuhan dasar ini berarti memiliki ketergantungan besar terhadap air. Hal itu juga berbanding lurus dengan peningkatan kebutuhan alat mengukur air, salah satunya flow meter air.

Tingkat kebersihan air menjadi prioritas penting bagi penggunaan air di kehidupan sehari-hari. Air yang kotor akan memicu percepatan pertumbuhan bakteri merugikan serta berdampak buruk bagi tubuh. Banyak penyakit yang timbul akibat dari penggunaan air kotor yang sering. 

Berikut ini adalah indikator air bersih secara umum

  • Dari warnanya apakah berubah atau tidak, normalnya air yang bersih tidak memiliki warna khusus atau dengan kata lain bening
  • Menimbulkan bau, meski tidak menyengat, tetap harus berhati-hati dan jangan abai. Hal ini karena bakteri atau apapun penyebab bau itu bisa saja makhluk yang berukuran kecil atau mikroskopis.
  • Tercampur dengan bahan-bahan lain yang mempengaruhi mineral dan zat-zat yang ada di air
  • Endapan yang ada di bawah permukaan air apakah mengandung kotoran atau zat bahaya? Jika iya, maka kebersihan airnya wajib dipertanyakan.

Dari poin-poin di atas bisa menunjukkan nilai dari kebersihan air secara kasat mata. Meski begitu, makhluk-makhluk penyebab air kotor, ukurannya terbilang sangat kecil, maka Anda tetap membutuhkan alat pengukur kebersihan air. Selain itu, untuk efisiensi, Anda juga membutuhkan alat yang bisa mengukur debit air yaitu flow meter air.

Cara kerja dari flow meter air

Sebelum membahas tentang bagaimana cara kerja dari flow meter jenis air, ada baiknya Anda ketahui dulu, sebenarnya apa sih yang disebut flow meter itu? Flow meter jenis ini merupakan alat untuk mengukur debit dari air atau fluida yang mengalir baik dalam pipa maupun saluran yang terbuka.

cara kerja dari flow meter air

Dinilai dari pengimplementasiannya, flow meter IPM digunakan untuk mengukur kecepatan air (velocity), volume total dan flow rate.

Flow meter ini terdiri dari dua bagian alat yaitu alat utama yang merespon apabila aliran yang mengalir mendapat gangguan.bagian yang kedua adalah alat sekunder yang menerima sinyal dari alat utama kemudian  merekam lalu mentransmisikannya menjadi hasil dari kelajuan air. 

Fungsi serta manfaat penggunaan flow meter air

  • Menentukan kapasitas air yang berguna untuk menghindari kebocoran pipa karena air yang mengalir melebihi kapasitas dari pipa itu sendiri.
  • Menghitung volume total dari air yang mengalir, hal ini juga bermanfaat untuk mengukur kiranya berapa volume pipa yang dibutuhkan. Jika volume air kecil, maka bisa menggunakan pipa dengan diameter dan volume yang sama dengan volume air, sehingga meminimalisir biaya yang terbuang.
  • Memonitor dan mengontrol output yang bisa dilakukan jarak jauh, bahkan bisa menggunakan android. Itulah keunggulan dari flow meter air.
  • Mengetahui kelajuan dari air yang mengalir. Deras tidaknya air akan berpengaruh pada konsumsi listrik. Semakin kecil air yang mengalir, semakin membutuhkan waktu yang lama untuk menyalakannya. dengan mengetahui kelajuan air, maka bisa memberikan solusi manakala air yang keluar debitnya sangat lambat.

Macam-macam flow meter air

Meski flow meter terdiri dari beberapa jenis yang salah satunya adalah flow meter air, jenis flow meter ini  juga terdapat beberapa macamnya

macam macam flow meter air
  • Mass flow meter yang merupakan flow dengan fungsi untuk menghitung aliran dinamis yang efektif dan efisien. Thermal dan coriolis mass flow meter adalah jenis dari mass flow meter yang populer dan banyak dipakai. Kelebihan lain dari flow meter berjenis air dari jenis ini adalah akurasi yang sampai 0.1%, ini menandakan bahwa keakuratannya tergolong baik.
  • Differential pressure yang akan mengarahkan aliran ke penghalang. Prinsipnya didasarkan pada persamaan Bernoulli, tentang hubungan tekanan dan kelajuan suatu aliran fluida.
  • Velocity flow meter adalah alat yang memanfaatkan perhitungan kecepatan dalam aliran fluida yang kemudian dikalkulasikan berdasarkan luas penampangnya. Dalam sistem kerjanya, flow meter ini mengandalkan hasil dari output sinyal.
  • Inferential flow meter yang bekerja berdasarkan simpulan dari parameter lainnya.

Itulah serangkaian penjelasan tentang flow meter air yang bisa menambah pengetahuan Anda tentang alat ini. Pada dasarnya alat yang tersebar di pasaran memiliki kualitas yang berbeda, bergantung parameter yang disajikan. Anda harus cermat memilih alat yang sesuai kebutuhan dan spesifikasi yang tepat dan memenuhi standar yang diinginkan. Harapannya dengan kualitas alat yang baik akan memiliki ketahanan yang bagus.

Keawetan dari alat menjadi hal yang diharapkan oleh para konsumen, selain itu, keakuratan dan kesesuaian dari alat dengan fungsinya akan sangat memberi kenyamanan konsumen.Jika Anda tertarik untuk berbisnis dalam bidang ini, jual flow meter yang mempunyai kualitas bagus. Selain harganya yang bisa melambung, menjual alat berkualitas juga akan menambah kepercayaan konsumen. Keamanan akan dirasakan konsumen manakala alat yang digunakan berfungsi dengan baik dan bisa memudahkan dalam pekerjaan.

Admin Staff

Suka Menulis
logo footer
Tel: +6221-22687090
HP(WA): +628951 9267 892
Call Us
pammeterindo@gmail.com
Email Us
Harco Glodok Lt 5 Blok C5 No 42
Jl hayam wuruk
Jakarta barat

View On Map


Our Services

Got an Idea ? Lets Make it Happen Today

© PT.Indonesia PAM Meter. All rights reserved.